Minggu, 18 Agustus 2013

Produsen PC Terbesar Lebih Banyak Jual Smartphone

KOMPAS.com - Produk apa yang paling banyak dijual oleh Lenovo, pabrikan asal China yang baru dinobatkan jadi produsen PC terbesar di dunia? Ternyata bukan PC, melainkan smartphone dan tablet.

Hal itu diungkapkan sendiri oleh Lenovo dalam laporan keuangan kuartal fiskal pertama 2013/2014, sebagaimana dikutip oleh BGR.

"Untuk pertama kalinya, angka penjualan gabungan smartphone dan tablet berhasil melewati PC," tulis Lenovo dalam sebuah laporan. Perusahaan ini menjadi produsen smartphone terbesar keempat di dunia dengan pangsa pasar 4,7 persen, menurut data kuartal kedua 2013 dari lembaga riset IDC.

Penjualan smartphone Lenovo meningkat lebih dari dua kali pada periode tiga bulan yang berakhir pada 30 Juni itu, menjadi 11,4 juta unit. Tablet Lenovo terjual 1,5 juta unit sehingga angka gabungan keduanya mencapai 12,9 juta unit.

Adapun penjualan produk PC Lenovo dalam kurun waktu yang sama tercatat sebersar 12,6 juta unit. Berdasarkan data IDC, angka tersebut turun 1,6 persen dibanding kuartal sebelumnya, tapi masih jauh lebih baik dibandingkan kondisi pasar secara keseluruhan yang mencatat penurunan 11 persen.

Terlalu murah

Kendati terjual dalam jumlah besar, kontribusi smartphone dan tablet terhadap pendapatan Lenovo yang tercatat sebesar 8,8 miliar dollar AS, masih lebih kecil dibandingkan PC, yaitu hanya 14 persen.

Hal ini, sebagaimana dikutip dari New York Times, disebabkan oleh harga produk-produk smartphonedan tablet Lenovo yang rendah.

Harga rata-rata smartphone Lenovo di China, misalnya, kurang dari 100 dollar AS sementara perangkat high-end macam Apple iPhone 5 dan Samsung Galaxy S4 bisa dijual seharga 700 dollar AS di negara yang sama.

China merupakan pasar terbesar bagi Lenovo yang 80 persen penjualannya disumbang oleh Negeri Tirai Bambu tersebut.

Analis memperkirakan bahwa Lenovo boleh jadi akan mempertimbangkan opsi akuisisi perusahaan lain untuk mendongkrak harga jual produk-produk smartphone miliknya.

0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Leave a Comment

Klik Iklannya Donk